Cara membuat bass booster

Gambar
     Halo gan, di video kali ini saya tertarik untuk membuat sebuah alat sederhana yang dapat meningkatkan nada bass pada sebuah perangkat amplifier/audio. Perangkat ini adalah bass booster . Perangkat ini dapat digunakan pada amplifier atau speaker aktif yang Anda rasa kurang bass. Penggunaannya sangat mudah, yaitu dengan menghubungkan input bass booster ke sumber musik dan menghubungkan output ke input amplifier atau speaker aktif Anda yang terasa kurang bass dan kemudian menghubungkan sumber tegangan ke trafo 12V-0-12V yaitu sekitar 0,5-1A. Namun perlu diperhatikan juga bahwa speaker dan ampli yang digunakan harus mampu mengeluarkan bass yang dihasilkan oleh bass booster ini. Kemudian ide bass booster  ini saya lanjut ke tahap design layout. Berikut ini penampakan design yang saya gambar di aplikasi easyeda : Setelah design nya dirasa bagus maka tahap selanjutnya adalah saya akan cetak pcb nya di luar negri, jika butuh, nanti  kalian bisa beli di lapak saya yaitu Tokopedia ataupun S

Cara Membuat Bi-Amplifier LM3886 untuk speaker studio monitor/speaker flat

 

Ok gan, pada postingan kali ini saya berkesempatan untuk membuat versi baru lagi dari 2way amplifier yang saya sebut bi-amplifier. Pastinya penamaan antara 2way amplifier dan bi-amplifier ini adalah mirip mirip tetapi fungsinya sama.

Setelah pernah posting mengenai 2way amplifier LM1875/TDA7294 dan juga 2way amplifier V2 LM1876 maka kali ini saya membuat Bi-amplifier menggunakan IC LM3886 yang pastinya memiliki keuntungan dan kualitas yang lebih signifikan. Dimana chip gainclone LM3886 ini sangat diakui kehandalan dan kualitas suaranya, juga ic ini sangat sering dijumpai pada active monitor speaker merek ternama seperti Y*maha.

Berbeda dari ampli system 2way sebelum sebelumnya, kini saya atur cross over point nya di 2KHz agar gak terlalu keluar mid di speaker tweeter dan gak terlalu keluar high di speaker woofer.

Berikut ini skema lengkap dari Bi-amplifier LM3886 ini :


Kemudian saya desain layout dari skema keseluruhan tersebut dengan bantuan aplikasi easyeda :


Saya mendesain rangkaian ini dengan posisi berdiri dengan harapan nantinya gampang diaplikasikan menjadi active speaker dengan sistem plate amplifier, atau modul ampli dibaut langsung kedalam plat besi yang sudah dirancang sedemikian rupa, berikut ini contoh layout penempatan plat amplifiernya :


Tetapi saya belum sempat untuk membuat plat besi nya karena situasi PPKM saat ini gak bisa kemana mana cuy...
Ok lanjut, setelah desain PCB dirasa ok maka selanjutnya saya cetak PCB nya ke pabrik pcb di china.
jika kalian ingin pcb nya juga bisa mampir ke TOKOPEDIA BARLEX AUDIO
Berikut ini pcb yang sudah saya cetak dari luar :


Kemudian langkah selanjutnya adalah menyiapkan komponen yang diperlukan yang tertulis pada partlist berikut ini :
   

Setelah semua komponen tersedia maka saatnya kita merakitnya ke dalam PCB

Kemudian setelah semua komponen terpasang maka kita solder pcb nya dari bawah...


Dan Bi-amplifier LM3886 pun selesai kita rakit dan tinggal di test saja.. huh jadi gak sabar untuk dengar suaranya hehe...


Kemudian saat pengetesan pun tiba, disini saya beri heatsink yang cukup lebar karena panas yang dihasilkan lumayan... Kemudian saya hubungkan Low out kepada woofer dan High out kepada tweeter speaker. Dan saya hubungkan dengan trafo 24V-0-24V simetris mulai dari 3 sampai 5 amper untuk tiap block amplifier, ya.. karena ini sistem bi-amp maka satu kit untuk mono dan menggunakan sebuah trafo untuk mono pastinya. Jadi kalau mau buat stereo sudah pasti segalanya dikali 2


Dan setelah test saya sangat puas karena suara yang dihasilkan bagus, midle tidak terlalu banyak masuk ke tweeter, dan secara keseluruhan suara yang dihasilkan sangat transparant, lantang, bertenaga, detail dan semua frekuensi keluar semua gak ada yang mendem... 


Jika kalian penasaran dengan hasil suaranya maka tonton saja video dibawah ini :



Download gerber, partlist, layout double layer, in one zip just extract after download
Download Plate amplifier layout 18x33cm pdf download here




Komentar

  1. Gambar schematicnya pecah saat di perbesar..
    apakah ada link downloadnya untuk schematic nya.?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara membuat ampli SOCL 506 TEF pakai 8 set Transistor final

Membuat ampli gitar LM3886 beserta Efek distorsi dan Time/Delay

Cara Membuat tone controll 6 potensio pakai TL084 yang sangat ngebass